Turunrejo - PRODESKEL UNTUK PENGELOLAAN ADMINSTRASI DAN KEUANGAN DESA YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

PRODESKEL UNTUK PENGELOLAAN ADMINSTRASI DAN KEUANGAN DESA YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

TURUNREJO NEWS...

Bertempat di Aula Balai Desa Turunrejo Kecamatan Brangsong, Senin Tanggal 6 November 2023 yang dihadiri oleh Camat Brangsong Yunan Arief Rakhman,ST,MT , Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa (PLD), Ketua BPD , Ketua RT dan RW , Ketua TP PKK, Kepala PAUD dan TK dilaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) terkait Prodeskel . Materi disampaikan oleh Pendamping Desa Bapak Muhamad Hasif Abdullah dengan semangat yang luar biasa.

Prodeskel adalah singkatan dari Program Desa Kelurahan yang merupakan program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk membantu pengelolaan keuangan dan administrasi desa/kelurahan secara efektif dan efisien. Program ini dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan dan ditujukan untuk meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat di tingkat desa/kelurahan.

Prodeskel memberikan dukungan dalam pengelolaan anggaran, pembukuan keuangan, manajemen aset, dan pengarsipan data desa/kelurahan. Program ini juga membantu desa/kelurahan untuk mengembangkan rencana kerja dan anggaran serta melaporkan realisasi kegiatan yang telah dilakukan.

Prodeskel memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:

  1. Meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan desa/kelurahan: Prodeskel membantu pengelola desa/kelurahan dalam mengelola keuangan dengan lebih efektif dan efisien, sehingga penggunaan anggaran bisa lebih optimal dan akuntabel.
  2. emudahkan pengelolaan administrasi desa/kelurahan: Prodeskel menyediakan aplikasi yang memudahkan pengelolaan administrasi desa/kelurahan, seperti pembuatan rencana kerja dan anggaran, manajemen aset, dan pengarsipan data.
  3. Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas: Prodeskel membantu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan dan administrasi desa/kelurahan, sehingga masyarakat bisa mengetahui dengan jelas bagaimana penggunaan anggaran desa/kelurahan.
  4. Mempercepat pelaporan kegiatan desa/kelurahan: Prodeskel memungkinkan pengelola desa/kelurahan untuk melakukan pelaporan kegiatan secara real-time, sehingga informasi bisa diperoleh dengan lebih cepat dan akurat.
  5. Meningkatkan pelayanan publik: Dengan pengelolaan keuangan dan administrasi yang lebih baik, Prodeskel diharapkan bisa membantu meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat di tingkat desa/kelurahan.


Dipost : 07 November 2023 | Dilihat : 259

Share :

s